SMA NEGERI 4 DENPASAR

Quality the First

Go to Delhi for New Experience

Pelajaran yang kita dapat tak hanya di sekolah tetapi kita juga bisa memperolehnya di berbagai moment. Pengalaman pribadi adalah pelajaran yang paling bermanfaat bagi hidup kita sesuai dengan apa yang dapat kita ambil dari pengalaman tersebut dan mengaplikasikannya.  Bagaimana pengalaman 4 perwakilan Fousma saat menyelinap di Negara Bollywood?

SMA Negeri 4 Denpasar adalah sekolah satu-satunya yang mendapatkan kehormatan untuk menjadi perwakilan Indonesia dalam kegiatan Community Development & Leadership Summit’12 (CDLS) di India yang dilaksanakan 1 tahun sekali. Kegiatan ini sudah diselenggarakan 7 kali dan diikuti oleh 22 sekolah dari 20 negara yaitu Australia, Canada, China, France, Germany, Hongkong, India, Indonesia, Italia, Kenya, Laos, Malaysia, Mexico, Pakistan, Philippines, Russia, Saudi Arabia, Thailand, Dubai dan America.

Sebelum mengirim perwakilannya, SMA RSBI ini tentu tidak sembarangan dalam merekrut dan memberikan tanggung jawab atas nama baik sekolah kepada siswa yang akan berangkat. Calon perwakilan harus menulis esai yang akan dinilai sekolah apakah layak atau tidak siswa ini untuk berangkat ke India atas nama sekolah yang termasyur ini. Hingga akhirnya sekolah memilih empat siswanya atas nama Ida Ayu Puspa Cindra Rini, Firstyano Ocha Anjasmara, Samsara Vrinda Ganakin, Made Dwi Angga Pradika.

Tanggal 2 November 2012, empat kader SMA N 4 Denpasar di dampingi Dewa Made Yudha Andika,S.Pd memulai aktifitasnya di India untuk mengikuti kegiatan Community Development & Leadership Summit’12 yang akan mereka jalani selama 2 minggu kedepan. Dimulai dengan acara pembukaan yang dilaksanakan di Modern School, Barakhamba Road New Delhi, India.

Berbagai kegiatan pun diselenggarakan guna memperkenalkan objek wisata, budaya dan tradisi yang ada di India yaitu dengan mengajak para peserta yang berjumlah 350 orang ini berkeliling India, tempat-tempat yang dikunjungi antara lain Taj Mahal, Qutub Minar, Humayun’s Tomb dan masih banyak lagi. Mereka juga mengajak para peserta untuk mengetahui hari hari penting yang dirayakan warga India contohnya Foundes Day, hari untuk merayakan para penemu dan orang-orang yang berprestasi di india, ini patut dicontoh Indonesia agar penemu dan orang yang berprestasi ini merasa dihargai dn tidak lari ke Negara lain. Empat perwakilan kita ini ditunjuk untuk mengikuti kegiatan diskusi yang pada saat itu acaranya bertemakan Women Empowerment The Road Ahead.

Mereka tidak hanya berdiskusi tetapi juga mengikuti kegiatan lain seperti berkunjung ke Sekolah Luar Biasa, berpartisipasi dalam kegiatan bakti sosial dan menggali kreativitas dari masing-masing peserta yang mengikuti kegiatan ini. Kegiatan ini berakhir tanggal 11 November 2012 namun sehari sebelum mereka pulang ke Indonesia mereka mempersembahkan tari tradisional yaitu tari janger dan joged selain itu mereka juga membuka stand untuk memperkenalkan lebih jauh lagi budaya dan tradisi dari Indonesia. Bersama dengan peserta dari Negara lain yang juga mempersembahkan penampilan dan kreativitas mereka.

Inilah empat perwakilan generasi muda dari Indonesia, mereka diharapkan dapat menerapkan hal-hal yang baik dari India untuk diterapkan di Indonesia dan akan menggiring  Negara Indonesia ke Negara yang lebih maju. “Pengalaman yang tidak akan kami lupakan adalah saat kami mengenal teman-teman dari berbagai Negara. Perasaan setelah pulang  itu sangat sedih, karena berpisah dengan teman-teman disana. Hal yang paling dikangenin itu adalah tradisi mereka, keramahan dan juga budaya mereka. Dan yang terpenting kami merindukan semua modernite di India.” kata Cindra. Dan inilah ungkapan perasaan yang disampaikan oleh Ida Ayu Puspa Cindra Rini yang mewakili empat temannya dalam menceritakan kisah dan pengalamannya di India selama 2 minggu yang akan selalu mereka kenang sepanjang waktu.

Gallery Karya Siswa

 
 

Login

Home News Journal Go to Delhi for New Experience